Selasa, 25 Maret 2008

Perkembangan Psikologi Remaja

Seiring dengan kehidupan para remaja, sering kali mengalami perkembangan psikologi yang berbeda-beda, karena psikoogi remaja itu adalah masa peralihan dalam perkembangan psikologinya. Di saat para remaja mengalami perkembangan dengan psikologinya, ketika itu saya pun pernah mengalami rasa kurang percaya diri, bahkan sering sekali rasa kurang percaya diri itu tidak timbul dalam diri saya.

Sewaktu masih disekolah MA (Madrasah Aliyah) saya pernah diminta untuk berpidato akan tetapi saya selalu saja tidak percaya diri, bahkan tidak hanya pidato saja dalam hal perlombaan pun saya terkadang suka kurang percaya diri. Contohnya sewaktu itu terdapat perlombaan menerjemahkan al-Qur’an, saya tidak percaya diri akan mampu untuk ikut serta dalam perlombaan tersebut. Dan tidak hanya dalam hal-hal seperti itu saja, akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari pun rasa tidak percaya diri itu sering menghantui diri saya.

Selain peristiwa-peristiwa tersebut, saya juga pernah mengalami rasa kurang percaya diri ketika duduk di kelas 3 MA, yang sudah menjadi persyaratan kelulusan bagi siswa kelas 3 MA, yang mana diwajibkan kepada semua siswa kelas 3 untuk praktek mengajar kepada adik kelas seperti kelas 1, 2 dan 3 Tsanawiyah, dan setiap satu siswa harus mengajar pada dua mata pelajaran, yang ke-2 pelajaran tersebut berbeda yang satu pelajaran Agama yang satunya lagi pelajaran Umum.

Ketika praktek mengajar tersebut sayang merasa sangat grogi dan juga tidak percaya diri untuk menghadapi adik-adik kelas saya, walaupun sebelumnya semua sudah dipersiapkan. Yang pada akhirnya mau tidak mau saya harus memasuki kelas tersebut untuk memberikan materi kepada adik kelas. Dengan membaca basmalah saya memasuki kelas tersebut, pertama kali memasuki kelas tersebut dan berdiri di depan siswa sebagai seorang guru, saya benar-benar grogi sekali pada saat itu, akan tetapi rasa kurang percaya diri dan grogi itu tiba-tiba hilang begitu saja, mungkin itu semua akibat saya sudah terbiasa dan sudah lama bertatap muka dengan siswa saya pada saat itu.

Sampai saat ini pun rasa tidak percaya diri tersebut masih tetap ada dalam diri saya, akan tetapi rasa kurang percaya diri itu pun sering kali hilang dengan sendirinya sehingga saya pun lebih bersemangat dan tentunya lebih percaya diri.

eewiinza@yahoo.com

Tidak ada komentar: